Selasa, 06 November 2018

Pentingnya Persatuan dan kesatuan bagi Bangsa Indonesia dalam berbagai macam SARA


Di jaman yang modern ini banyaknya teknologi dan berbagai macam hal yang lain yang dapat mengubah hidup sebuah seseorang tetapi tidaklah hanya kehidupan seseorang kehidupan sebuah negarapun dapat berubah dan dapat juga mengakibatkan suatu masalah. Masyarakat bangsan Indonesia adalah kaum pemuda atau usia produktif dengan kemajuan teknologi yang sangat mendominan para pemuda yang ada Indonesia sudah mulai melipakan budaya yang seharusnya dikembangkan untuk kemjuan bangsa Indonesia.

Seringnya para pemuda yang hidup dengan gaya kekinian menyebabkan lunturnya rasa persatuan itu. Dengan lunturnya semangat persatuan itu dapat dilihat dengan kehidupan sehari-hari yang dampak dengan adanya perpecahan satu dengan lain seperti halnya para pemuda tdak hanya pemuda melainkan seluruh masyarakat Indonesia memiliki caranya sendiri untuk menanggapi lingkungan ada yang ada disekitarnya.

Banyak masalah timbul tetapi juga sebaliknya ada yang membuat juga persatuan itu menjadi lebih erat dan nyata. Seperti halnya perpecahan yang paling sering terjadi dalam hal ini adalah tawuran, tauwuran terjadi karena ketidakasamaan pemikiran antara pihak yang satu dengan pihak yang lainnya tetapi juga kadang tawuran terjadi karena adanya perbedaan SARA. Sara yang dimaksud dalam hal ini adalah suku, agama, ras, dan antargolongan. Untuk contoh yang berhubungan dengan ras terlihat jelas di Indonesia bahwa ada ras yang mendominasi ada Etnis Tionghoa dan pribumi. Terkadang juga keda ras ini saling berkonflik yang menjadikan banyak kerugian dari pihak Tiongoa dan prinbumi dan juga merugikan bangsa Indonesia.

Dengan contohnya yang menyebabkan perpecahan yang dapat melunturkan persatuan bangsa Indonesia. Bahwa persatuan itu perlu juga dijaga dengan menghargai satu sama lain yang memiliki macam budaya. Contoh untuk yang memperkuat persatuan ini dapat dilihat dari adanya banyak komunitas yang ataupun agama-agama yang tidak membeda-bedakan agama dan ras. Seperti contohnya sebuah vihara yang memperbolehkan umat yang hadir untuk mendapatkan pengobatan gratis, umat yang hadir tidaklah harus juga beragama Buddha. Hal ini membuktikan bahwa persatuan itu masih juga dijaga oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia. Apabila persatuan itu tidak dijalankan maka yang terjadi hanyalah kehancuran bagi bangsa Indonesia. Jelas ini bukanlah suatu cita-cita negara yang terdapat pada pembukaan UUD 1945. Dengan berjuta-juta masyarakat seharusnya jika Indonesia bersatu maka Indonesia akan menjadi negara yang maju dan disegani oleh bangsa lain karena banyak negara yang menjaga persatuannya dan hasil dari persatuan yang dilakukan oleh negara tersebut, negara tersebut telahlah menjadi negara yang sangat maju dan makmur dimana masyarkatnya akan saling menghargai satu sama lain tanpa membedakan SARA inilah yang disebut dengan bangsa yang bersatu.

Maka dari itulah, Persatuan sangatlah diperlukan di Indonesia dikarenakan masyarakat Indonesia yang bejmulah hampir 300 juta penduduk dengan berbagai macam SARA. Masyarakat ini yang dapat mengubah sebuah bangsa dan dampaknya dapat dirasakan hingga ke anak cucu kita sendiri. Dengan persatuan maka Indonesia akan lebih menjadi negara yang berkembang tidak hanya bersatu tetapi juga masyaraktnyapun perlu juga menghargai sesama masyarakat Indonesia yang memiliki berbagai macam karekteristik masing-masing dan SARA. Dan juga sebagai kaum muda Indonesia juga harus melakukan banyak kegiatan positif yang dapat membuat persatuan di negara ini menjadi lebih erat dan juga menerapkannya dikehidupan sehari-hari sebagai kebiasaan yang baik. “NKRI adalah harga mati” maka dari itu persatuan Indonesia sangatlah penting.

 




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar